Dari berbagai macam metode pengajaran yang ada saya memilih metode ala pengajian  modern yang menggabungkan metode pengajian  tradisional dengan kemajuan teknologi. Walaupun saya yakin metode ini jauh / tidak sama sekali persis dengan metode pengajian tapi minimal ada sebagian kecil yang saya adopsi metodenya antara lain :
1.       Memulai pelajaran dengan membaca Salam, basmallah, walhamdulillah, sholawat dan istighfar serta mengajak siswa sama-sama membaca surat Al-Fatihah.
2.       Ada sebuah analogi sederhana sebagai berikut : “ Seorang anak bisa menonton TV berjam-jam, tetapi seorang anak akan merasa gelisah ketika belajar/berada di dalam kelas. Mengapa ? Jawabannya karena Menonton TV adalah aktivitas menyenangkan dan mengasyikan dengan audio visual yang menarik sementara belajar dikelas adalah pekerjaan yang membosankan dengan dendangan lagu lama “Aku masih seperti  yang dulu “. Oleh karena itulah saya berpendapat  seorang guru bukan hanya sebagai  pendidik tetapi juga sekaligus sebagai  intertrainer yang menyenangkan dan mengasyikan yang bisa menyelipkan “joke-joke” segar ditengah presentasinya atau me-“link” an presentasinya dengan cerita-cerita yang relevan.
3.       Mengintegrasikannya dengan kemajuan teknologi. Makanya setiap PBM saya selalu menggunakan multimedia yang melibatkan banyak  panca indera siswa. Untuk visualnya saya menggunakan LCD, untuk audionya saya menggunakan sound yang terhubung dengan Amplipier dan speaker dalam ruangan, untuk melibatkan perasaan siswa dalam pembelajaran saya presentasikan dengan  kata-kata dan video renungan. Konsepnya mirip dengan metode “ESQ”
4.       Untuk penutupnya saya dan siswa merangkum pelajaran bersama-sama ditambah dengan kata-kata “wallahu’alam” (hanya Allah yang Maha Benar dan Maha Mengetahui), mendo’akan siswa dan mengucap “mohon ampun dan maaf”..kemudian salam




0 Komentar untuk " Metode Pengajaran di Sekolah Ala Pengajian Modern"