Acara Virtual pertama bagi GPAI se-Kalimantan Selatan bertemu dalam Zoom Meeting Room. Kamis 02 Juli 2020. Yang diselenggarakan oleh DPD AGPAII Kab. Kotabaru. 

Tema " Kesiapan dan Adaptasi GPAI Menyongsong "Era New Normal Pendidikan (Menyambut Tahun Pelajaran 2020-2021) sub tema " Cara Pembuatan Presentasi PPT dan Video melalui aplikasi ZOOM "

H. Said Muhdari, MM Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kotabaru sebagai Nara Sumber pertama mengatakan : 

" Bahwa total  GPAI yang tersebar di sekolah umum SD, SMP dan SMA berdasarkan data EMIS berjumlah 372 orang. Data ini belum termasuk GPAI dari TK atau yang berada di bawah naungan lingkungan Kantor Kementerian Agama seperti di Madrasah dan Pondok Pesantren. Data ini menunjukan betapa besarnya kekuatan GPAI kalau dilihat dari segi kuantitas. Tetapi data ini akan hanya sekedar angka jika tidak di barengi dengan kualitas GPAI itu sendiri. Ada ribuan siswa-siswi yang berada di bawah binaan Bapak Ibu GPAI..Dan mereka semua adalah Generasi Millineal   yang hidup ditengah-tengah kemajuan Informasi dan Teknologi. Jika Bapak Ibu tidak mempersiapkan diri dan beradaptasi dengan Kodrat Zaman ini , maka Bapak Ibu akan tertinggal auto....siswa siswi kita pun akan tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya...." Diakhir paparannya beliau mengatakan " Mari kita sama-sama selalu berusaha meningkatkan kualitas diri kita dan Kemenag siap menjadi mitra."

Dibawah ini adalah catatan kecil dari Nara Sumber kedua

ROADMAP GURU PENGGERAK “MERDEKA MENGAJAR

Bergerak adalah sebuah keniscayaan, sebuah sunatullah. Bergerak menandakan bahwa seseorang masih bernafas. Angin yang berhembus. Matahari dan Bulan yang berputar dan lain sebagainya adalah pertanda masih adanya kehidupan.Seorang guru penggerak akan selalu bergerak, menemukan dan menciptakan sebuah inovasi-inovasi dan kreativitas- kreativitas setiap saat.  Dan tidak puas hanya dengan sebuah inovasi atau kreativitas...
Jika engkau telah tuntas dari pekerjaanmu dan telah selesai darinya, maka bersungguh-sungguhlah dalam ibadah kepada Rabbmu.” (QS.Al-Insyirah:7).

Apakah kita bisa ...

“....maka bersungguh-sungguhlah dalam ibadah kepada Allah..”

Jawabannya tentu BISA

Kemudian bagaimana caranya....

1.   Selalu berusaha  Untuk Meningkatkan Kompetensi

Beradaptasi Dengan Kemajuan Era Industri 4.0 khususnya di bidang Pendidikan...Sejak digulirkannya Revolusi industry 4.0 tahun 2011 di Jerman...otomatis berimbas sampai ke dunia pendidikan.Guru.4.0 harus bisa menjawab tantangan tersebut dan harus bisa beradaptasi dengan new habbit.Guru harus  selalu berusaha meningkatkan kompetensi dirinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah dengan kemampuan literasi teknolgi dan literasi informasi. Melalui komunitas guru seperti KKG, MGMP atau yang lainnya seperti diklat online, webinar, zoom meeting, google meet, e-learning, desiminasi office 365 dll

2.   Belajar Sepanjang Hayat tanpa batas ruang dan waktu

Saat ini dunia informasi ada ditangan kita dalam bentuk HP.Orang akan panic ketinggalan HP daripada ketinggalan dompet. Tapi teknologi akan menjadi mubadzir jika setiap hari hanya digunakan untuk scroll medsos yg membuat kita over informasi tentang covid 19 misalnya....Tetapi kalo kita gunakan untuk ikut kuliah di google atau literasi di perpustakaan you tube maka akan sangat luar biasa pengaruhnya bagi pengembangan keilmuan kita. Dan ini bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja.

3.   Inovasi dan kreativitas tiada henti.

Salah satu ruh dari kurikulum 2013 adalah inovasiInovasi ini bisa diciptakan sendiri atau bisa juga memodifikasi inovasi yang sudah ada di tambah kreativitas kemudian di komunikasikan kepada siswa..maka jadilah sebuah inovasi baru..dan ini harus menjadi new habbit kita terlebih dimasa Pandemi covid -19 ini.


4. Target terakhir dari roadmap ini adalah lahirnya guru-guru  Penggerak “Merdeka Mengajar” baru. Merekalah yang akan mempersiapkan” Generasi Emas” siswa “Merdeka Belajar” dalam sebuah institusi bernama “ Sekolah Pengerak”


Cita-cita ini akan terwujud jika motion yang sudah ada dalam hati dan akal dibarengi dengan action perbuatan nyata.

Alurnya : New Habbit+Good Habbit+Your Behavior= Your Destinity...silakan download materinya disini







2 Komentar untuk "Kesiapan dan Adaptasi GPAI Menyongsong "Era New Normal Pendidikan "

Selamat dan sukses kegiatan zoom meetingnya... lanjutkan