Untuk menyambut abad 21 yang ditandai dengan era digital, Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui UNESCO telah membentuk sebuah Komisi Internasional tentang Pendidikan untuk Abad XXI (The International Commision on Education for the Twenty-First Century), yang diketuai oleh Jacques Delors. Komisi melaporkan hasil karyanya dengan judul Learning: The Treasure Within bahwa pada era digital pendidikan bersandar pada 4 pilar pendidikan, yaitu  learning to know (peserta didik belajar tentang pengetahuan), learning to do (peserta didik mengembangkan ketrampilan), learning to be (peserat didik memahai arti hidup), dan learning to live together (peserta didik mampu hidup berdampingan dengan orang lain dan saling menghormati


Pendidikan Indonesia juga menggunakan empat pilar pendidikan yang disusun oleh Komisi Internasional tentang Pendidikan untuk Abad XXI UNESCO dibawah PBB. Empat pilar pendidikan yang terdiri atas Learning to know, learningto do, learning to be, Dan learning to live together in peace. Untuk mencapaiTujuan Pendidikan Nasional ditambah dengan dengan pilar pendidikan pendidikan sebagai sarana belajar untuk memperkuat keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia. Hal itu harus diimplementasiakan dalam Penyususnan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Lengkapnya silahkan download Model Implementasi Kecakapan Abad 21 dalam Penyususnan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disini

RUJUKAN

Delors, J. (1996). Learning : The Treasure Within Report to UNESCO of the International Commission on Education for the Twenty-First Century. Paris: UNESCO Publishing.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran . Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.


0 Komentar untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ABAD 21"