Untuk menyambut abad 21 yang ditandai dengan
era digital, Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui UNESCO telah membentuk sebuah
Komisi Internasional tentang Pendidikan untuk Abad XXI (The International
Commision on Education for the Twenty-First Century), yang diketuai oleh
Jacques Delors. Komisi melaporkan hasil karyanya dengan judul Learning:
The Treasure Within bahwa pada era digital pendidikan bersandar pada 4
pilar pendidikan, yaitu learning to know (peserta didik
belajar tentang pengetahuan), learning to do (peserta didik
mengembangkan ketrampilan), learning to be (peserat didik
memahai arti hidup), dan learning to live together (peserta
didik mampu hidup berdampingan dengan orang lain dan saling menghormati
Pendidikan Indonesia juga menggunakan empat
pilar pendidikan yang disusun oleh Komisi Internasional tentang Pendidikan
untuk Abad XXI UNESCO dibawah PBB. Empat pilar pendidikan yang terdiri
atas Learning to know, learningto do, learning to be, Dan learning
to live together in peace. Untuk mencapaiTujuan Pendidikan Nasional ditambah dengan dengan pilar pendidikan pendidikan
sebagai sarana belajar untuk memperkuat keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia.
Hal itu harus diimplementasiakan dalam Penyususnan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
Lengkapnya silahkan download Model
Implementasi Kecakapan Abad 21 dalam Penyususnan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) disini
RUJUKAN
Delors, J. (1996). Learning : The
Treasure Within Report to UNESCO of the International Commission on Education
for the Twenty-First Century. Paris: UNESCO Publishing.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
(2017). Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 dalam Perencanaan
Pelaksanaan Pembelajaran . Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.
0 Komentar untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ABAD 21"